Pengusaha properti asal Malang, Halim Sanjaya, membeberkan kiat bisnisnya. Pemilik Perumahan Greenstone ini, kini telah sukses membangun kerajaan bisnisnya hingga ke luar Malang.

Sebelumnya, Halim merupakan seorang pekerja di pabrik kayu di Pasuruan dan pabrik plastik di Tandes. Dia juga bekerja sebagai marketing financial consultan selama kurang lebih 7 tahun. Awal mula Halim terjun ke dunia properti pada tahun 2012. Dia hanya memiliki bisnis rumah kos di sekitar Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Pencapaian Bisnis Properti Halim Sanjaya

“Baru di dunia properti itu tahun 2012 membuka klaster kos. Tahun 2014 membuka lagi klaster kost di daerah UMM, sampai tahun 2017 baru membuka proyek yang ke 3 yaitu Greenstone. Proyek ke 4 di Sidoarjo. Proyek ke 5 Azzahra Greenland,” beber Halim, pada Senin (22/6/2020).

Baca Juga : PUPR Harapkan Proyek Konstruksi Ibu Kota Dimulai 2021

Usaha klaster kos pertama kali Halim lakukan sendiri. Mulai dari pengurusan legalitas, menjual, desain bangunan dan pembangunan kost. Sehingga dia bisa menekan biaya pengeluaran pembangunan dan dijual di bawah harga rumah kost pada umumnya.

“Saya lakukan sendiri dan saya meminimalisir pengeluaran selama pembangunan. Memang saya jual di bawah harga pasar karena lokasinya sangat dekat dengan makam hanya berjarak 50 cm. Dari sini saya harus bisa punya nilai lebih yang bisa ditonjolkan dengan harga murah dan bisa dicicil sampai 2 tahun. Alhamdulillah bisa sold dalam waktu 1.5 tahun,” kenang Halim.

Dari hasil usahanya tersebut, Halim mengembangkan proyek yang ke 2 dan seterusnya hingga total sampai saat ini terdapat 5 bisnis properti dan bisnis lainya. Kepada tugumalang.id, Halim membagikan tips dalam menjalankan bisnis, yaitu kerja keras, mempunyai ilmu di bidangnya, relasi yang luas dan menempatkan orang di posisi yang pas. “Empat point tersebut merupakan 4 dasar apabila kita ingin sukses,” ujar Halim.

Selain itu, Halim juga memiliki moto hidup yang sampai saat ini dijadikan acuan dalam kehidupan sehari-hari, yakni: saat kita memudahkan urusan orang lain, maka kita pasti akan dimudahkan di semua urusan kita.

Sumber : kumparan.com

130 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here