properti

Detik,Jakarta – Subsidi bunga atau subsidi margin untuk kredit pemilikan rumah (KPR) dari pemerintah sudah mulai disalurkan. Subsidi KPR ini dirasakan oleh sejumlah nasabah PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) yang mendapati mutasi rekeningnya berubah.

Ada yang jumlah pembayaran tagihan KPR-nya berkurang mulai dari Rp 500 ribu sampai dengan Rp 2,7 juta per bulan.

Misalnya salah satu nasabah BTN Aris Mahardika dia menceritakan mendapat subsidi cicilan sebesar Rp 500 ribu. Aris yang sudah menjadi nasabah KPR BTN selama 2 tahun ini awalnya tidak mengetahui jika ada informasi terkait subsidi cicilan ini.

baca juga: Ada Insetif DP 0 Persen Untuk KPR, BTN Tetap Selektif Pilih Developer Dan Calon Debitur

Ia mengaku senang dengan subsidi tersebut. Apalagi jika benar bantuan berlangsung selama 6 bulan.

“Saya juga dapat info itu dari grup perumahan, kalau cicilan KPR dapat subsidi. Langsung dicek, karena setiap tanggal 8 dipotong cicilan, nah dari situ baru ketahuan kalau ada potongan Rp 500 ribu,” kata dia saat dihubungi detikcom, Rabu (7/4/2021).

Sama seperti Aris, Dinda juga mendapatkan subsidi KPRpada tagihan bulan Maret lalu. Saat itu subsidi yang dia dapatkan sebesar Rp 2,7 juta.

Dengan adanya subsidi tersebut Dinda menghubungi pihak BTN. Karena dia heran rekening tabungannya tidak terdebet. Kemudian masuk SMS pemberitahuan terkait dirinya yang mendapatkan subsidi cicilan KPR ini.

Selain itu pihak bank juga menyebut jika bantuan belum pasti akan diberikan selama 6 bulan. Sampai kapan Subsidi KPR diberikan? klik halaman berikutnya.

Memang pemerintah memiliki Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) berupa pemberian subsidi bunga KPR yang tercantum dalam PMK Nomor 138/PMK.05/2020 tentang Tata Cara Pemberian Subsidi Bunga/Subsidi Margin Dalam Rangka Mendukung Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Persyaratannya adalah nasabah memiliki NPWP, plafon kredit maksimal Rp 10 miliar dan baki debet hingga 29 Februari 2020 serta mengantongi kredit lancar per 29 Februari 2020.

Sumber: Detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here