Jakarta, CNN Indonesia – Nepal menjadi destinasi impian turis yang gemar mendaki dan fotografi. Keindahan alam dan keeksotisan panoramanya memang amat menarik untuk direkam dalam memori.

Sayangnya pandemi virus corona masih menghalangi cita-cita para turis untuk menyambangi Nepal, yang saat ini memiliki 86.823 kasus Covid-19, dengan 535 kasus kematian dan 64.069 kasus kesembuhan.

Tapi pemandangan pemukiman di perbukitan dengan latar belakang gunung dan perkebunan sebenarnya bisa dinikimati di Indonesia, tepatnya di Dusuh Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Nepal Van Java sebutan populer pemandangan di sini.

Pesona Desa Wisata di Kabupaten Magelang yang Dijuluki Nepal van Java -  Lifestyle Liputan6.com

Jika sudah bisa berwisata lagi di tengah era normal baru, turis disarankan sudah datang ke objek wisata alam ini sebelum pukul 05.00 WIB. Agar bisa menyaksikan pemandangan “ombak awan” dari Punthuk Nepal, yang merupakan pos pendakian pertama ke Gunung Sumbing.

Datang ke Dusun Buntuh bisa menggunakan mobil atau motor dengan fitur mesin yang mumpuni, karena jalanannya masih berbatu dan menanjak. Salah satu pemandu wisata mengatakan bahwa pemandangan awan yang seakan menelan pedesaan biasanya terjadi sekitar bulan April sampai Juni setiap tahunnya.

Di bulan itu juga, turis bisa memotret terbitnya matahari yang nantinya muncul di tepat tengah langit. Selebihnya, turis jangan terlalu banyak berharap mendapat pemandangan sefotogenik itu, apalagi jika datang saat musim hujan.

7 Tips Berkunjung ke Nepal van Java di Dusun Butuh, Magelang Halaman all -  Kompas.com

Untuk bisa naik ke Punthuk Nepal, turis harus siap berjuang mendaki atau naik ojek yang disediakan warga. Keduanya sama-sama melewati jalanan kecil yang menanjak hampir vertikal. Jadi sebaiknya jangan terlalu banyak membawa barang saat ke atas.

Tarif naik ojek di sini dihargai Rp20 ribu sekali jalan. Berpeganglah erat-erat pada bangku motor dan ikuti instruksi pengendara agar ia lebih leluasa menyetir kendaraan hingga ke atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here