Bisnis.com, JAKARTA – Minat masyarakat untuk membeli hunian rumah seharga Rp500 juta hingga Rp1 miliar masih tinggi pada kuartal III tahun ini.

CEO Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda mengatakan pada kuartal III tahun ini terjadi penurunan. Penjualan unit perumahan di Jabobedek-Banten menruurn sebesar 31,3% menjadi 1.594 unit dari kuartal II yang 2.319 unit.

Adapun angka penjualan unit rumah pada kuartal II naik 88,7% dari kuartal I yang 1.229 unit. “Jumlah unit yang terjual di pasar perumahan Jabodebek-Banten turun 31,3%. Ini menggambarkan tipe besar lebih banyak terjual dibandingkan dengan tipe bawahnya,” ujarnya. 

Untuk di wilayah Bogor, penurunan pembelian rumah terjadi pada segmen besar 21,4% dan segmen menengah 14,4%. Sedangkan untuk segmen kecil hanya turun 1,2%.

Di Kota Cilegon, pembelian rumah segmen besar tetap sama, untuk tipe menengah naik 5% dan tipe  kecil turun 3,8%.  Untuk Depok, segmen rumah besar turun 28,6%, lalu segmen kecil turun 25,0%, dan segmen menengah turun 9,1%.

Di Jakarta, tidak ada pembelian unit rumah segmen kecil. Namun, untuk segmen besar di Jakarta mengalami kenaikan 100 persen dan untuk segmen menengah tetap.

Di Serang, ibu kota Provinsi Banten, terjadi kenaikan pembelian unit rumah segmen besar sekitar 20% dan segmen kecil 3,2%, sedangkan penurunan pembelian rumah terjadi di segmen menengah yaitu 1,5%.

Di Tangerang, penurunan terbesar terjadi untuk unit rumah segmen kecil 46 persen, segmen menengah 41,1%, dan hunian besar 0,7%.

Namun, masyarakat yang berada di segmen Rp300 juta hingga Rp500 juta tidak beralih ke segmen rumah kurang dari Rp300 juta ataupun rumah bersubsidi.

Sumber: bisnis.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here