properti

Kumparan-Konsep Istana Garuda di Ibu Kota baru, Kalimantan menjadi topik perbincangan warganet, beberapa hari terakhir. Desain tersebut menuai pro dan kontra dari masyarakat.

Desain Istana Negara Garuda tersebut merupakan karya dari Nyoman Nuarta. Nuarta merupakan seniman patung asal Tabanan, Bali, yang lahir pada 14 November 1951.

Nuarta mengaku terpilih sebagai pemenang Sayembara Istana di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara yang digelar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun lalu.

Kementerian PUPR memberikan waktu 12 hari untuk mempersiapkan visualisasi konsep, gagasan dan sketsa gedung IKN. Gedung tersebut di antaranya Istana Presiden dan Wakil Presiden, kompleks Senayan, dan rumah ibadah.

Ada lima arsitek dan ahli menjadi peserta dalam sayembara ini. Mereka adalah Andra Matin, Supie Yolodi, Yori Antar, Nyoman Nuarta, dan Sibarani Sofian.

Nuarta lalu dinyatakan sebagai pemenang pada Senin (29/3) lalu dan Kementerian PUPR meminta dia untuk membuat pra-desain Istana Garuda dalam waktu satu bulan.

Nuarta mengatakan, ide Istana Garuda terinspirasi dari filosofi Burung Garuda sebagai lambang negara. Menurut dia, Istana Negara wajib memiliki ikon keberagaman suku dan budaya di Indonesia.

Cerita Nyoman Mendesain Istana Garuda di Ibu Kota Baru yang Ramai Dibicarakan (1)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengumumkan pemenang Sayembara Desain Ibu Kota Baru. Foto: Resya Firmansyah/kumparan

Nuarta mengatakan, Istana Negara ini akan dibangun dengan karya arsitektur yang memadukan seni, sains, teknologi, dan ramah lingkungan. Istana ini akan dibangun 9 lantai pada tanah seluas 4 hektar.

Kantor utama, sekretaris dan staff presiden akan terletak pada tubuh patung Garuda. Pada bagian lain dibuat museum dan galeri serta kawasan UMKM.

Sementara itu, Sayap Garuda akan membentang sejauh 200 meter dengan tinggi 76 meter. Tinggi ini sebagai tanda groundbreaking dimulai, yakni pada usia ke-76 Indonesia.

Bulu-bulu pada masing-masing sayap berjumlah 17 helai, ekor 8 helai, pangkal ekor 19 helai dan bagian leher 45 helai.

Sumber: Kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here