kuliner

Liputan6.com, Jakarta – Bulan Ramadan tinggal menghitung hari. Di bulan puasa nanti, kita harus menyiapkan banyak hal, termasuk makanan untuk sahur maupun berbuka.

Untuk sahur, biasanya kita lebih memilih menu yang praktis, enak dan pembuatannya tidak perlu waktu lama. Ada banyak pilihan menu makanan untuk sahur. Chef Devina Hermawan menawarkan beberapa menu yang menurutnya cocok untuk disantap semua anggota keluarga.

Berkolaborasi dengan Nutella, Chef Devina menampilkan empat menu sahur yang mudah dan cepat dibuat. Mereka menamakannya sebagai empat resep 7-menit yang dapat dipersiapkan dan disantap bersama keluarga di saat sahur

“Sarapan adalah santapan yang penting karena membantu mempersiapkan fisik menjalani hari. Tentunya, mempersiapkan santapan sahur yang tepat juga sangat penting di bulan Ramadan,” terang Chef Devina dalam konferensi pers virtual, Rabu, 7 April 2021.

“Lewat kampanye Ramadan #MomenNutella, kita menampilkan empat resep tujuh menit, yaitu Breakfast Bites, Banana Nuggets, Nutella Fried Bread, dan Overnight Oats; yang pas disantap keluarga di saat sahur,” sambungnya. Resep 7-menit ini bisa diakses melalui laman resmi Nutella dan akun YouTube Chef Devina mulai 14 April 2021.

Chef Devina mengungkapkan sangat suka menciptakan momen kebersamaan dengan keluarga saat makan bersama dan menyiapkan hidangan. Mempersiapkan santapan pertama di pagi hari, seperti sahur, terkadang terasa lebih repot, karena waktunya terbatas dan saat sahur kita perlu menyemangati anak untuk mau bangun pagi.

“Karena itu, dengan resep praktis dan cepat ini bisa menambah kebersamaan keluarga saat sahur. Resep-resep ini begitu praktisnya sehingga akan ada lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga dan bahkan anak-anak juga bisa ikut mempersiapkan,” tuturnya.


Membangun Ikatan Keluarga

Pentingnya kebersamaan juga disampaikan oleh psikolog, Ayoe P. Sutomo. Menurut Ayoe, kebersamaan keluarga bisa didapat melalui bonding time, yang tidak seharusnya hanya sekali dilakukan, tapi sebaiknya rutin dilakukan meski dalam waktu singkat.

“Yang lebih penting adalah kualitasnya. Membangun ikatan di saat santapan pertama di pagi hari dan proses persiapan hidangan bisa meningkatkan kemampuan anak dalam menyusun rencana,” terangnya.

Ayoe menambahkan, para orangtua bisa bilang ke anaknya kalau mereka akan mempersiapkan santapan yang spesial untuk sahur keesokan harinya, untuk membuat anak-anak lebih semangat bangun pagi.

“Kita juga bisa libatkan mereka dalam proses persiapan santapan tersebut, atau menata meja makan. Hal itu bisa meningkatkan kemampuan mereka secara emosional, kognitif, dan motorik,” pungkasnya.

Sumber: Liputan6.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here