ekonomi kreatif

KUMPARAN.COM – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki merasa disahkannya UU Cipta Kerja bisa memberikan dampak positif bagi pertumbuhan dan perkembangan UMKM. Ia mengungkapkan, mayoritas pelaku usaha di Indonesia adalah UMKM dengan potensi banyak penyerapan tenaga kerja.

“Kami yakin bahwa dengan UU Cipta Kerja maka nanti kemampuan UMKM menyerap lapangan kerja ini akan semakin besar,” kata Teten saat konferensi pers secara virtual, Rabu (7/10).

Teten Masduki Jelaskan Manfaat UU Cipta Kerja untuk UMKM (1)

Teten mengatakan, kebijakan yang tidak kalah penting dengan adanya UU tersebut adalah kemudahan perizinan bagi UMKM. Ia merasa selama ini para UMKM kesulitan mengurus izin karena prosesnya sama dengan usaha besar.

“Perizinan yang selama ini disamaratakan dengan usaha besar sehingga kesulitan mengurus perizinan, sekarang kita permudah hanya pendaftaran,” ujar Teten. UU Cipta Kerja diharapkan juga membuat sinergi UMKM dengan pemangku kepentingan semakin kuat.

baca juga: Luhut Minta UMKM Masuk Hi-tech, Pelaku Akan Diberi Stimulus

Langkah itu berguna untuk mempermudah kebijakan pemerintah dalam percepatan pengembangan UMKM. Teten menjelaskan, pemerintah saat ini juga bisa memberikan bantuan hukum ke UMKM.

Lebih lanjut Teten menuturkan, pemerintah dalam pengadaan barang dan jasa diprioritaskan menyerap produk UMKM. Lokasi-lokasi strategis untuk berjualan seperti di tol atau rest area juga diberikan kemudahan untuk UMKM.

Sumber: kumparan.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here