properti

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Hutama Karya (Persero) rutin melakukan sejumlah perbaikan jalan di Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro memastikan bahwa kondisi JTTS aman dilalui oleh pengguna jalan terutama pada momen Ramadhan dan libur Lebaran 2021.

“Kami secara rutin melakukan inspeksi kondisi jalan tol dan melakukan perbaikan jalan tol,” kata Koentjoro dalam keterangannya, Senin (05/04/2021).

Koentjoro menjelaskan, saat ini ada beberapa titik yang sedang dalam penanganan perbaikan yakni di sepanjang Ruas Bakauheni-Terbanggi besar terutama jalur menuju pelabuhan Bakauheni.

Sedangkan untuk Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dilakukan perbaikan di KM 140, KM 187-191, KM 240, dan KM 257.

Selain itu, pada Ruas Pekanbaru-Dumai juga dilakukan penanganan pemadatan dan penanaman rumput di sisi luar jalan area Seksi 2 dari Minas hingga Kandis Selatan dan perbaikan jalan di Seksi 5 dari Pinggir hingga Bathin Solapan termasuk pada rest area wilayah tersebut.

Dari beberapa kerusakan jalan tersebut, penanganan yang paling sering dilakukan yaitu dengan melakukan Scrapping. Juga Filling dan Overlay (SFO) atau pengupasan pada lapis permukaan perkerasan jalan dengan kemudian diganti dengan hotmix yang baru dan rekonstruksi perkerasan rigid.

Selain itu, Koentjoro juga memastikan, tol sepanjang 530 kilometer yang sudah beroperasi di JTTS siap untuk dilalui oleh pengguna jalan.

Meski pemerintah telah mengeluarkan kebijakan larangan mudik. Manajemen perusahaan tetap melakukan persiapan di jalan tol yang dikelola sebagai bentuk antisipasi terhadap peningkatan trafik kendaraan yang akan terjadi.

Koentjoro menerangkan bahwa Hutama Karya akan bekerja sama dengan pihak Kepolisian, TNI, Basarnas, dan Dishub daerah setempat. Ini guna mempersiapkan momen Ramadhan dan Idul Fitri 2021 ini.

Diketahui, saat ini ruas yang sudah dioperasikan di JTTS yakni, Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung. Juga Ruas Palembang-Indralaya, Ruas Medan-Binjai Seksi, Ruas Pekanbaru-Dumai, dan Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi III & IV.

Sumber: Kompas.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here