kuliner

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia tidak hanya meyuguhkan kekayaan alam dan ragam budaya, namun juga kuliner Nusantara yang diakui dunia. Salah satunya adalah Sate Ambal dari Kebumen. Selain rasanya bikin ketagihan, Sate Ambal bisa tahan 6 bulan berkat teknologi khusus.

Sate Ambal ini unik dan beda dari sate lainnya karena penggunaan daging ayam kampung yang dilengkapi dengan bumbu kental yang terbuat dari tempe rebus yang dihaluskan.

Sate Ambal Allisha 1 pcs | Shopee Indonesia

Tanpa perlakuan khusus, sate ini hanya dapat bertahan tak sampai 24 jam. Hal ini menggerakan Titin Agustinah dan Nurrokhman Jauhari untuk berinovasi. Upaya sepasang suami-istri asal Kebumen ini dimulai sejak 2015.

Saat itu, Titin dan Nurrokhman membungkus sate ambal dengan kemasan vakum bermaterial nilon. Tidak sampai dua hari, sate sudah tidak layak konsumsi. Namun, berkat kegigihan dan kemauan untuk belajar, kini sate ambal yang mereka beri nama Allisha ini dapat tahan hingga 6 bulan tanpa freezer dengan menggunakan teknologi retort rumahan.

Teknologi retort adalah teknologi pemasakan dengan menggunakan uap atau air superheated untuk pemasakan pangan yang telah terlebih dulu dikemas. Proses pemanasan bertujuan memusnahkan spora bakteri patogen yang ada pada panganan sehingga terjamin keamanan saat mengonsumsi produk tersebut.

Website Dinas Perindustrian dan Perdagangan

Allisha juga aktif mengikuti berbagai kegiatan untuk ekspansi pasar dan menggait investor.

Allisha yang merupakan 30 Startup Unggulan Kemenristek/BRIN, baru-baru ini terpilih sebagai Top 25 Food Startup Indonesia, 30 Top UKM Award, 30 Top Indonesia Food Innovation serta Top 15 Bangga Buatan Indonesia. Tahun sebelumnya, Allisha Sate Ambal juga menjadi Juara pertama UKM Pangan Award Tingkat Nasional kategori produk unggulan khas daerah dan maju mewakili Indonesia di tingkat Asean.

Sumber: bisnis.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here