ekonomi kreatif

Jakarta – Netizen ramai-ramai menyalahkan WNA yang mengajak orang asing pindah ke Bali saat pandemi. Selain itu, netizen menduga WNA ini melanggar aturan tinggal.

Perdebatan di Twitter itu bermula dari cuitan akun Kristen Gray (@kristentootie). Ia menceritakan pengalaman hidupnya di Bali. Cerita itu ia kemas dalam sebuah thread yang terdiri atas 20 tweet.

Awalnya ia membahas seputar alasan awalnya datang ke Bali pada 2019. Ia mengaku kesulitan mendapatkan pekerjaan di Amerika Serikat. Hal ini membuatnya memutuskan hijrah ke Bali bersama pasangannya.

baca juga: Pelabuhan Ujung Kamal – Surabaya Terapkan Tiket Berbasis QR Code Mulai Hari Ini

Mereka datang ke Bali menggunakan visa wisata. Awalnya mereka berencana ingin tinggal selama 6 bulan. Di Bali mengaku tinggal di sebuah rumah pohon dengan harga sewa USD 400. Ini setara dengan Rp 5,6 juta per bulan yang jauh lebih murah. Jika dibandingkan ia menyewa apartemen senilai USD 1300 (sekitar 18,4 juta) di Los Angeles.

Selama tinggal di Bali, Gray bekerja sebagai desainer grafis. Sampai saat ini, ia dan pasangannya sudah tinggal di Bali selama hampir setahun. Mereka merasakan fisik dan jiwanya lebih sehat dibandingkan ketika tinggal di AS.

Gray menuliskan sejumlah keuntungan yang didapatkan ketika tinggal di Bali yaitu :

  • Aman
  • Biaya hidup murah
  • Gaya hidup mewah
  • Ramah pada Queer (bagian dari LGBT+), dan
  • Adanya komunitas kulit hitam di Bali.

Kemudian di akhir thread-nya, Gray menuliskan bahwa ia menjual buku yang dapat membimbing orang-orang asing yang juga ingin merasakan pengalamannya hidup di Bali. Buku elektronik berjudul Our Bali Life is Yours itu dijual seharga USD 30 atau sekitar Rp 425 ribu.

Turis AS ajak bule masuk Bali pas pandemi

Melihat cuitan Gray ini, netizen Indonesia pun geram. Mayoritas tidak setuju dengan sikap Gray yang dinilai menganjurkan agar orang-orang asing datang ke Bali tanpa mempedulikan kehidupan masyarakat termasuk ekonomi lokal.

Sumber: detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here