bisnis

Kumparan-Indonesia resmi punya pemain baru di bisnis kendaraan listrik. Perusahaan itu dibentuk oleh korporasi energi terintegrasi, PT Indika Energy Tbk (INDY), dengan mendirikan perusahaan yang berbinsis di sektor kendaraan listrik.

Perusahaan bernama PT Electra Mobilitas Indonesia (EMI) itu, didirikan Indika Energy bersama anak perusahaannya PT Indika Energy Infrastructure.

Dikutip dari keterbukaan informasi Indika Energy ke Bursa Efek Indonesia (BEI), pembentukan entitas usaha baru di bidang kendaraan listrik itu dilakukan melalui penyertaan modal dari Indika Energy ke PT Indika Energy Infrastructure.

“Penyertaan saham Perseroan dalam EMI merupakan langkah Perseroan untuk melakukan ekspansi usaha ke sektor kendaraan listrik di Indonesia,” demikian dinyatakan Sekretaris Perusahaan Indika Energy, Adi Pramono, ke BEI dikutip kumparan Kamis (8/4).

Resmi! Indonesia Punya Perusahaan Kendaraan Listrik, Dibentuk Indika Energy (1)
Dirut/CEO Indika Energy, Arsjad Rasjid. Foto: Dok. Indika Energy

Adi menjelaskan, EMI didirikan dengan modal sebesar Rp 40 miliar. INDY memegang 99,9975 persen saham EMI atau senilai Rp 39,99 miliar.

Sisanya sebesar 0,0025 persen saham EMI atau setara Rp1 juta digenggam oleh Indika Energy Infrastructure (IEI). Saham IEI sendiri seluruhnya dimiliki Indika Energy.

Dia menandaskan, penyertaan saham INDY dalam EMI merupakan langkah perusahaan untuk melakukan ekspansi usaha ke sektor kendaraan listrik di Indonesia.

Cakupan kegiatan usaha yang dilakukan perusahaan kendaraan listrik bentukan Indika Energy ini meliputi perdagangan besar suku cadang kendaraan listrik, baik motor maupun mobil termasuk aksesorisnya, serta jasa konsultasi manajemen.

“Melakukan perdagangan besar suku cadang sepeda motor dan aksesorisnya; Melakukan perdagangan besar berbagai suku cadang, komponen, dan aksesoris mobil; dan melakukan jasa konsultasi manajemen,” tulis Sekretaris Perusahaan Indika Energy itu.

Sumber: Kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here