Bisnis.com, JAKARTA — Untuk orang-orang yang bekerja di ibu kota dan memiliki gaji pas-pasan, pilihan hunian jadi lebih terbatas dan seringkali mereka dihadapkan dengan dilema antara mengontrak atau mencicil rumah.

Kedua pilihan ini memerlukan pengeluaran rutin setiap bulan untuk jangka waktu tertentu. Namun, pilihan mana yang sebaiknya Anda ambil?

Dengan kondisi keuangan yang terbatas, seseorang mungkin hanya bisa mencicil rumah di wilayah yang jauh pusat kota atau tempat kerja lantaran harga rumah jauh lebih tinggi.

Dilema Pengantin Baru: Pilih Honeymoon Mewah atau Beli Rumah? - Bisnis  Liputan6.com

Sedangkan dengan mengontrak, seseorang bisa mendapat hunian yang ada di wilayah strategis, hanya saja rumah yang ditempati tidak jadi hak milik.

Gaji Rp5 juta di Jakarta sejatinya merupakan gaji yang lebih besar ketimbang upah minimum provinsi. Namun, dengan nilai pengeluaran rata-rata per kapita di Jakarta sebesar Rp2,25 juta per bulan menurut Badan Pusat Statistik (BPS), gaji Rp5 juta seringkali masih dianggap pas-pasan.

Sebelum Anda membeli rumah, maka ketahui tiga hal di bawah ini:

1. Jangan beli rumah tanpa tujuan

2. Jangan beli rumah karena hawa nafsu

3. Pastikan kuat secara finansial jika mau mencicil

4. Cicilan per bulan tidak lebih dari 35 persen penghasilan

Mengontrak adalah pilihan yang cerdas jika Anda belum memiliki kondisi finansial yang kuat, seperti yang tertera di poin sebelumnya, dan Anda tinggal di lokasi yang jauh dari tempat kerja, serta membutuhkan hunian tempat tinggal selama satu tahun atau lebih.

Mengontrak merupakan pilihan yang tepat untuk dilakukan untuk sementara waktu.

Demi kenyamanan beraktivitas sehari-hari, tidak ada salahnya untuk mengontrak dulu sembari mengumpulkan dana membeli rumah dalam beberapa tahun ke depan. Namun pertimbangkanlah beberapa hal berikut ketika mengontrak:

1. Anda harus tahu sampai kapan akan mengontrak

2. Harga sewa kontrakan <½ dari penghasilan tahunan

3. Kontrakan Anda tidak jauh dari tempat kerja atau aktivitas

Itulah saran bagi mereka yang bergaji Rp5 juta jika dihadapi pilihan antara menyewa atau mencicil rumah. Pastikan Anda telah membuat perhitungan yang baik sebelum membuat keputusan ini.

Sumber: bisnis.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here