Liputan6.com, Jakarta – Facebook dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) berkolaborasi membantu pelaku UMKM lokal bertahan di tengah pandemi. Kolaborasi diwujudkan dalam kampanye virtual #TumbuhdiFacebook yang berlangsung pada Oktober 2020 -Januari 2021. Program yang ini dijalankan dengan penyelenggaraan berbagai kegiatan edukasi, diskusi, hingga festival belanja.

Peluncuran program kolaborasi Kemendag dan Facebook tersebut diselenggarakan secara virtual pada Sabtu (3/10/2020). Mendag Agus Suparmanto berharap melalui kolaborasi ini, pelaku UMKM diharapkan memiliki keahlian dan wawasan baru untuk bertahan bahkan menjangkau pangsa pasar yang lebih luas.

Ilustrasi Instagram

“Kolaborasi ini merupakan bentuk konkret pentingnya kerja sama pemerintah dan pihak swasta dalam mendukung program pemerinta. Bangga Buatan Indonesia dan ketahanan UMKM lokal, serta mendorong pergerakan roda perekonomian tanah air,” kata Agus.

Sebagai langkah awal kolaborasi, Kemendag dan Facebook menyelenggarakan pelatihan virtual Akademi Instagram. Hal ini dilakukan untuk membantu UMKM di memaksimalkan penggunaan platform digital dalam mengembangkan usaha mereka.

Facebook

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra mengatakan, UMKM berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di banyak negara. Sayangnya saat pandemi, UMKM mendapatkan tantangan yang cukup berat.

“Pandemi Covid-19 menuntut mereka beradaptasi dan bertransformasi ke arah digital, seluruh kegiatan ini diharapkan dapat membantu lebih banyak UMKM go digital,” kata Syailendra. Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari mengatakan, di tengah pandemi, Facebook meyakini, beralih ke platform online merupakan keniscayaan bagi UMKM.

Sumber: liputan6.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here