otomotif

Kumparan-Indonesia kedatangan beragam mobil baru pada awal 2021 ini. Namun faktanya juga harus disertai kepergian berbagai mobil lama, mereka terpaksa disuntik mati dan otomatis tak dijual lagi oleh pabrikan.

Sepanjang Januari hingga pertengahan Maret 2021, tercatat 4 model yang disudahi eksistensinya di Indonesia. Alasannya bermacam, ada yang penjualannya terus menurun, dikorbankan lantaran ada model baru, sampai terbentur regulasi emisi gas buang.

Daftar 4 Mobil yang Disuntik Mati Awal 2021 (1)
Isuzu Panther Foto: dok. Isuzu

Berikut ini 4 mobil yang disuntik mati awal 2021

Mitsubishi Outlander Sport

Mengawali daftar, ada Mitsubishi Outlander Sport yang telah disetop penjualannya. Informasi resminya kumparan dapatkan per 5 Februari 2021.

Penelusuran kumparan pada laman Mitsubishi, Outlander Sport tak lagi dipamerkan. Director of Sales & Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro membenarkan hal tersebut.

Daftar 4 Mobil yang Disuntik Mati Awal 2021 (2)
com-Mitsubishi Outlander Sport Foto: doc. Mitsubishi

Irwan tak merinci penyebab MMKSI menyudahi penjualan Outlander Sport. Namun yang jelas, kebijakan tersebut merupakan upaya menyesuaikan tren pasar dalam negeri. Terlebih penjualan Mitsubishi Outlander Sport kian lesu tiap tahunnya.

Ia menambahkan bahwa penjualan Mitsubishi Outlander masih dijual hingga akhir tahun 2020 lalu. “Saat ini kami sudah tidak memiliki stok baru untuk model ini,” lanjutnya.

Daftar 4 Mobil yang Disuntik Mati Awal 2021 (3)
Mitsubishi Outlander Sport Action Foto: Gesit Prayogi/kumparan

Outlander Sport merupakan model terakhir yang disetop penjualannya setelah Mitsubishi Delica pada pertengahan 2018, dan Mirage pada akhir 2018. Mobil tersebut pertama kali masuk Indonesia 2012 lalu.

Isuzu Panther

Selang beberapa hari kemudian tepatnya 10 Februari 2021, Isuzu mengumumkan Panther harus pamit dari Indonesia. Terhitung 30 tahun eksistensi Isuzu Panther di Indonesia, sejak mengaspal perdana pada 1991.

Daftar 4 Mobil yang Disuntik Mati Awal 2021 (4)
Isuzu Panther. Foto: dok. Isuzu

Masa baktinya selama 3 dekade itu, Isuzu Panther terjual hingga 433.117 unit. Sekarang Isuzu Indonesia hanya menjual kendaraan segmen penumpang berupa Isuzu MU-X, yang pada akhir tahun ini akan hadir versi terbarunya.

Panther harus disuntik mati lantaran mesin Diesel lawasnya tidak memenuhi standar emisi Euro 4. Selain itu penjualannya kian meredup, tergerus model lain yang menawarkan wujud juga fitur yang lebih modern.

Daftar 4 Mobil yang Disuntik Mati Awal 2021 (5)
Tampilan depan Isuzu Panther Foto: Bangkit Jaya Putra

Isuzu Panther terakhir diproduksi di pabrik Gaya Motor selama Januari hingga Februari 2020. Totalnya 333 unit untuk model minibus (MPV) maupun pikapnya.

Nissan Terra

Tak berapa lama pada 18 Februari 2021, kumparan juga mendapati keterangan resmi bahwa Nissan Terra tak lagi dipasarkan. Indikasinya juga terlihat dari website Nissan yang tak lagi menampilkan Terra.

Daftar 4 Mobil yang Disuntik Mati Awal 2021 (6)
Tampilan samping Nissan Terra 4×2 Foto: Muhammad Ikbal

Head of Marketing-Communication Nissan Motor Distribution Indonesia, Julian Olmon mengatakan stok Nissan Terra sudah habis dan belum memutuskan untuk memasoknya lagi dari Thailand.

Penjualannya yang terseok-seok ditengarai jadi penyebab NMDI menyetop sementara pasokan Nissan Terra ke Indonesia. Bahkan jaringan diler Nissan di Surabaya menghadirkan promo cuci gudang Nissan Terra bonus satu unit Datsun Go, yang semuanya model produksi 2019.

Sumber: Kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here