otomotif

Kumparan-BMW Group Indonesia kembali menghadirkan penyegaran produk, berupa sedan new 520i M Sport dan new 530i Opulence. Keduanya membawa ubahan eksterior, interior, maupun fitur anyar.

Director of Communication BMW Group Indonesia, Jodie Otania menjelaskan, sedan bisnis terbarunya itu merupakan jawaban atas riset yang dilakukan, di mana banyak yang menginginkan BMW Seri 5 dalam balutan yang lebih sporty, sekaligus makin ‘dewasa’.

Inilah BMW Seri 5 Terbaru, Ada Versi Sporty dan Elegan Berkelas (1)
BMW Seri 5 LCi. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

“Ini merupakan life cycle improvement (LCI) dengan penyempurnaan desain dan teknologi terkini. Keduanya menyasar pelanggan berkebutuhan berbeda, 520i M Sport tampil sporty dinamis, dan 530i Opulence yang mewah dan elegan,” katanya secara virtual, Jumat (9/4).

Lalu apa saja bedanya upgrade yang ada pada BMW Seri 5 terbaru ini?

BMW 520i M Sport

Kami awali dari BMW 520i M Sport. Ubahannya yang kentara ada pada desain grille yang lebih lebar dan besar dari sebelumnya. Perubahan ini membuat profil bumper depannya yang kini punya air intake lebih besar.

Inilah BMW Seri 5 Terbaru, Ada Versi Sporty dan Elegan Berkelas (2)
BMW Seri 5 LCi 520i M Sport. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Bahkan sampai ke samping, yang aliran udaranya digunakan untuk mendinginkan sistem pengereman. Soal tampilan keseluruhan jangan ditanya lagi, wajahnya lebih agresif karena desain lampu barunya.

Inilah BMW Seri 5 Terbaru, Ada Versi Sporty dan Elegan Berkelas (3)
BMW Seri 5 LCi 520i M Sport. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Ya, tampak dari depan dia makin proporsional dan kesan futuristiknya kental berkat LED bar membentuk L shape. Yang dikatakan Corporate Communications Manager BMW Group Indonesia, Ismail Ashlan sebagai bahasa desain baru.

Inilah BMW Seri 5 Terbaru, Ada Versi Sporty dan Elegan Berkelas (4)
Tampilan depan new BMW 520i M Sport. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan

Nah bicara grille, kisi-kisinya juga dibuat seakan menggantung. Namun tidak, ini karena bagian bawahnya dilabur warna hitam, sehingga menampilkan kesan grille mengambang. Soal fiturnya, grille tersebut bisa bergerak secara adaptif mengikuti temperatur mesin.Selebihnya BMW 520i M Sport ini memiliki:

  • Lampu laser light
  • Adaptive LED headlights with cornering function
  • Glass roof dengan pengaturan elektrik
  • Paket bodykit M Sport, berupa bumper, side skirt, dan diffuser
  • Lampu belakang dengan L shape
  • Velg Y spoke berdiameter 19 inci alloy dual warna
Inilah BMW Seri 5 Terbaru, Ada Versi Sporty dan Elegan Berkelas (5)
Desain setir new BMW 530i Opulance. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan

Pengemudinya bisa mengatur sistem hiburan pada layar 12,3 inci, lewat sentuhan, iDrive Touch Controller, tombol di setir, perintah suara, atau gestur. Mengenai harga, BMW 520i M Sport 1,109 miliar off the road.

Inilah BMW Seri 5 Terbaru, Ada Versi Sporty dan Elegan Berkelas (6)
Tampilan samping new BMW 520i M Sport. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan

Oh iya, tak lupa jantung mekanisnya mengandalkan mesin BMW TwinPower Turbo 1.998 cc, yang menghasilkan tenaga 184 dk dan torsi 290 Nm. Daya maksimumnya itu dikawinkan pada transmisi 8 percepatan steptronic.

BMW 530i Opulence

Lanjut ke saudaranya yang tampil lebih cocok untuk dimiliki dan duduk sebagai penumpang baris belakang. Secara garis besar hampir memiliki kesamaan dengan Seri 5 yang sebelumnya dibahas.

Inilah BMW Seri 5 Terbaru, Ada Versi Sporty dan Elegan Berkelas (7)
BMW Seri 5 LCi 530i Opulence. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Tapi ditambahkan beberapa diferensiasi, meliputi bentuk bumper yang konservatif menonjolkan karakter elegan, 2 pasang velg W spoke 19 inci alloy single ton, kemudian bagian dalamnya ada tambahan roller sunblind agar memaksimalkan privasi.

Inilah BMW Seri 5 Terbaru, Ada Versi Sporty dan Elegan Berkelas (8)
Tampilan dan desain jok new BMW 530i Opulance. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan

Masih dari dalam, versi Opulence juga tampil lebih mewah dalam balutan jok Dakota, yang kini fungsinya bisa serupa kursi pada Seri 7, berupa Comfort Seats yang bisa diatur secara elektrik.

Pada BMW 530i Opulence ini pabrikan bavaria menyematkan berbagai fitur keselamatan baru, yang juga bertugas menjadi asisten mengemudi, mencakup:

  • Lane Departure Warning
  • Lane Change Warning
  • Front Collision Warning
  • Front Collision Warning with Brake Intervention
  • Rear Collision Prevention & Crossing Traffic Warning

Dapur pacunya sama seperti 520i M Sport, tapi output pada BMW 530i Opulence ini disesuaikan lebih bertenaga. Di atas kertas menjanjikan tenaga 252 dk dan torsi puncak 350 Nm.

Inilah BMW Seri 5 Terbaru, Ada Versi Sporty dan Elegan Berkelas (9)
BMW Seri 5 LCi 530i Opulence. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Mau BMW Seri 5 yang tampil lebih mature ini? Harga BMW 530i Opulence Rp 1,279 miliar dalam status off the road. Setiap pembelian sudah termasuk gratis biaya servis 5 tahun atau 60 ribu km, garansi 3 tahun, dan BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun.

“Kami hadirkan dengan 2 perbedaan itu sesuai kebutuhan yang berbeda, namun jiwanya tetap Seri 5, karena historikalnya yang tinggi sejak 1972, sampai sekarang masih diakui sebagai sedan bisnis paling sukses di dunia,” tuntas Jodie.

Sumber: Kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here