kuliner

Jakarta – Vaksinasi Covid-19 sudah dimulai Rabu (13/1). Pengamatan masih terus dilakukan untuk mencegah terjadinya kejadian ikutan. Ini juga termasuk soal makanan setelah divaksin.

Nutrisi memainkan peran utama dalam kemanjuran vaksin. Sebuah studi baru-baru ini di PLOS menyimpulkan bahwa pemantauan nutrisi merupakan cara yang praktis dan murah untuk mempengaruhi hasil vaksinasi.

Studi tersebut menunjukkan gizi yang baik adalah kunci untuk memperkuat tanggapan kekebalan terhadap vaksin BCG tuberculosis (TB) dan pengobatan TB itu sendiri.

Tips Agar Pesanan Makanan Online dari Restoran Lebih Sehat

Tak cuma karena pandemi, kamu harus memperhatikan soal nutrisi untuk kekebalan dan juga makanan setelah divaksin. Pandemi telah memperparah krisis iklim, yang telah menyebabkan peningkatan peristiwa cuaca ekstrem.

Sebelum pandemi, diperkirakan ada 690 juta orang yang kekurangan gizi. Menurut Program Pangan Dunia, jumlah tersebut bisa meningkat 132 juta lagi pada akhir tahun ini.

baca juga: sudah Ada Vaksin, Bisnis Starbuck Masih Tetap Seret

Mengutip Telegraph, penelitian di India tentang pola makan sehat menunjukkan bahwa pola makan yang lebih seimbang. Termasuk juga beragam termasuk buah-buahan, sayuran, protein hewani selain makanan pokok sangat penting dalam meningkatkan gizi.

Sementara itu tak ada makanan yang lebih dianjurkan dibanding makanan dengan gizi seimbang sebagai makanan setelah divaksin. Pasalnya tak ada makanan yang bakal langsung memberi peningkatan kekebalan usai vaksin, mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu mendukung sistem kekebalan yang sehat.

baca juga: Intip KKV Central Park yang Viral Jual Aneka Mie Instan, Harga Mulai 1.500!

Mengutip Eating Well, makanan tertentu, terutama probiotik, dapat memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga kamu tetap sehat dan mampu melawan bakteri dan virus.

Makanlah banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, yogurt dan makanan fermentasi, seperti kimchi dan sauerkraut, untuk menjaga tubuh agar tetap sehat untuk mendapatkan hasil maksimal.

Sumber: detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here