properti

JAKARTA, KOMPAS.com – Alokasi dana pengadaan lahan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tahun Anggaran (TA) 2021 tahap kedua dijadwalkan cair Juni 2021 senilai Rp 5,56 triliun.

Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Basuki Purwadi mengatakan dsna pengadaan lahan PSN tahap kedua ini mengacu pada Rencana Penarikan Dana dan Perkiraan Penerimaan pada dokumen Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Bendahara Umum Negara (BUN) TA 2021.

“Alokasi dana pengadaan lahan PSN tersebut diberikan menyusul pencairan alokasi anggaran Bagian Anggaran BUM 999.03 Kementerian Keuangan kepada LMAN,” dalam keterangan yang dikutip Kompas.com, Sabtu (10/04/2021).

Basuki menjelaskan, pencairan alokasi dana pengadaan lahan PSN TA 2021 terdiri dari dua tahapan. Tahap pertama, anggaran sebesar Rp 5,56 triliun telah dicairkan pada 31 Maret 2021 berdasarkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran BUN TA 2021.

Besaran nilai itu merupakan 50 persen dari total alokasi anggaran yang telah ditetapkan yaitu senilai Rp 11,12 triliun.

Rinciannya, dana tersebut terdiri dari alokasi PSN sektor jalan tol sebesar Rp 5,93 triliun dan dan Sumber Daya Air (SDA) sebesar Rp 5,19 triliun.

Pencairan tersebut merupakan bentuk dari percepatan alokasi pengadaan lahan PSN pada LMAN. Pada tahun-tahun sebelumnya terjadi pada akhir tahun berjalan. Sedangkan untuk TA 2021 terjadi pada Kuartal I tahun berjalan.

Basuki meminta agar nilai total pencairan itu ditetapkan sebagai daftar PSN yang mendapat skala prioritas. Hal ini agar bisa ditindaklanjuti dengan penetapan Project List Tahunan LMAN.

Sumber: Kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here